PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK RELAKSASI TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X IPA 1 MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Tri Jumiatun

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i2.2689

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Penguasaan
Konten Dengan Teknik Relaksasi Terhadap Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas X IPA 1
MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 di MAN 1 Surakarta Tahun
Pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 32 siswa. Dari jumlah anggota populasi tersebut
semuanya digunakan sebagai sampel. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian ini
adalah total sampling (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk
mengumpulkan data tentang kejenuhan belajar, metode observasi dipergunakan untuk
mengetahui ciri-ciri kejenuhan belajar, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk
memperoleh data kegiatan selama penelitian. Teknik analisis data dengan t-tes.
Berdasarkan dari analisis data dengan t-tes, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada
pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi terhadap kejenuhan belajar pada
siswa kelas X IPA 1 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Ini dibuktikan dengan t
hitung = 11,459 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (32-1) = 31 dalam taraf
signifikansi 5% dan 1%. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,040 < 11,459
> 2,744. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh layanan penguasaan konten
dengan teknik relaksasi terhadap kejenuhan belajar pada siswa kelas X IPA 1 MAN 1 Surakarta
Tahun Pelajaran 2017/2018†terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5% dan 1%.
Kata kunci : Penguasaan konten, Relaksasi, Kejenuhan belajar

Published

2019-01-31

Issue

Section

Artikel