PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI KELAS VII D SMP N 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Rully Kartika Ramadhani & Sri Hartini

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i2.2688

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan klasikal
terhadap sikap tanggung jawab siswa pada tata tertib sekolah di kelas VII D SMP N 7
SurakartaTahunPelajaran 2017 / 2018.
Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII D SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 32 siswa, sampel yang
digunakan adalah kelas VII D SMP N 7 Surakarta yang berjumlah 32 siswa dengan teknik
sampling jenuh atau sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai
sikap tanggung jawab siswa pada tata tertib sekolah sebelum dan sesudah pemberian layanan
bimbingan klasikal, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data
siswa kelas VII D. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar 8,882.
Selanjutnya hasil dari thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan d.b = (N-1), maka d.b =
(32-1) = 31 dalam taraf signifikansi 5% yaitu 2,040. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung
lebih besar dari ttabel atau 2,040< 8,882. Dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi “Ada
Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Pada Tata Tertib
Sekolah di Kelas VII D SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017 / 2018†diterima kebenarannya
pada taraf signifikansi 5 %.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Sikap Tanggung Jawab pada Tata Tertib
Sekolah

Published

2019-01-31

Issue

Section

Artikel