PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KESADARAN BERSOSIAL MEDIA PADA SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 1 SUMBERLAWANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v4i2.2687Abstract
Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Bimbingan Sosial Dengan
Media Audiovisual Terhadap Kesadaran Bersosial Media Pada Siswa Kelas XI IPS I SMA Negeri I
Sumberlawang Tahun Pelajaran 2017/2018â€.
Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS I di SMA N 1
Sumberlawang tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 32 orang siswa. Dari jumlah anggota
populasi tersebut semuanya digunakan sebagai sampel. Dengan demikian teknik sampling dalam
penelitian ini adalah total sampling (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode experiment dengan menggunakan treatment bimbingan sosial, angket, observasi
dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kesadaran bersosial
media, metode observasi dipergunakan untuk mengetahui ciri-ciri kecanduan bersosial media,
sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian dan
data pendukung lainya. Teknik analisis data dengan
Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti dengan , dapat diperoleh kesimpulan
bahwa ada pengaruh bimbingan sosial dengan media audiovisual terhadap kesadaran bersosial media
pada siswa kelas XI IPS I SMA Negeri I Sumberlawang tahun pelajaran 2017/2018. Ini dibuktikan
dengan t hitung = 21,25 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (32-1) = 31 dalam taraf
signifikansi 1% diperoleh nilai 2,744. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 21,25 >
2,744. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh bimbingan sosial dengan media
audiovisual terhadap kesadaran bersosial media pada siswa kelas XI IPS I SMA negeri I Sumberlawang
tahun pelajaran 2017/2018†terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 1%. Kata kunci :
Bimbingan sosial, Media audio visual, Sosial media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.