PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP POLA HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Putri Intan Dwicahya & Lydia Ersta K

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i2.2685

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan menggunakan media audio visual terhadap pola hidup sehat pada siswa kelas
VII A SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
A SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 32 siswa, sampel yang
digunakan adalah kelas VII A SMP N 7 Surakarta yang berjumlah 32 siswa dengan teknik
sampling jenuh atau sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk
mengumpulkan data mengenai pola hidup sehat siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan
bimbingan kelompok dengan menggunakan media audio visual, sedangkan teknik dokumentasi
digunakan untuk mengumpulkan data-data siswa kelas VII C. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan rumus t-test.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar 9,798.
Selanjutnya hasil dari t hitung tersebut dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1), maka
d.b = (32-1) = 31 dalam taraf signifikansi 5% dan 1% yaitu 2,040 dan 2,744. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,040 < 9,798 > 2,744. Dengan demikian
hipotesis kerja yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan
Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Pola Hidup Sehat Pada Siswa Kelas VII A SMP
Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017 / 2018†diterima kebenarannya pada taraf signifikansi
5% dan 1%.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Media Audio Visual

Published

2019-01-31

Issue

Section

Artikel