PENGARUH LAYANAN ORIENTASI TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Erick Tri Saputra & Sri Hartini

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i2.2684

Abstract

Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Ada tidaknya Pengaruh Layanan Orientasi
Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Colomadu
Tahun Pelajaran 2017/2018â€.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP N 1 Colomadu tahun
pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 231 orang siswa yang terdiri dari 7 kelas VII A-VII G.
Peneliti mengambil sampel sebanyak satu kelas dengan cara mengacak dan diperoleh kelas VII
E. Adapun kelas uji coba instrument adalah di kelas VII A. Dengan demikian teknik sampling
dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Metode angket
dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang penyesuaian diri siswa, metode observasi
dipergunakan untuk mengetahui seberapa jauh siswa kesulitan mengalami penyesuaian diri
sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data kegiatan selama
penelitian. Teknik analisis data dengan ð‘¡âˆ’ð‘¡ð‘’ð‘ .
Berdasarkan analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan
orientasi terhadap kemampuan penyesuaian diri pada siswa kelas VII di SMP Negeri I
Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018. Ini dibuktikan dengan t hitung = 15,602 dikonsultasikan
dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5% diperoleh =2,032 .
Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 15,602 > 2,032. Dengan demikian
hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh layanan orientasi terhadap kemampuan penyesuaian
diri pada siswa kelas VII di SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018†terbukti
kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.
Kata kunci : Layanan orientasi, Penyesuaiam diri

Published

2019-01-31

Issue

Section

Artikel