PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Authors

  • Eni Marlina & Lydia Ersta Kusumaningtyas

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i2.2683

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
bimbingan klasikal menggunakan media film terhadap kepedulian social siswa kelas VIII SMP N
7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran
2017/2018 yang berjumlah 255 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa yang
terdiri dari kelas VIII A – VIII H yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling dan
Quota Sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode pokok berupa angket yang
diberikan kepada siswa baik sebelum maupun sesudah diberikannya layanan, serta metode bantu
yang berupa observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan rumus
t-tes.
Berdasarkan hasil analisis data secara statistic tentang pengaruh bimbingan klasikal menggunakan
media film terhadap kepedulian social siswa kelas VIII SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran
2017/2018 diperoleh sebesar 8,695. Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan pada
dengan db = (N-1) = (40 - 1) = 39 pada taraf sigifikansi 5% = 2,023. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil = 8,695 lebih besar dari atau 8,695 > 2,023. Maka hipotesis
menyatakan bahwa “Ada pengaruh bimbingan klasikal menggunakan media film terhadap
kepedulian social siswa kelas VIII SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018†terbukti
kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci : Bimbingan klasikal, Media film, Kepedulian sosial

Published

2019-01-31

Issue

Section

Artikel