PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMATANGAN BERPIKIR SISWA KELAS VIIB SMP N 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Endah Dwi Lestari

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i2.2682

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kematangan berpikir siswa kelas VII B SMP
N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B
SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa, sampel yang
digunakan adalah kelas VII B SMP N 7 Surakarta yang berjumlah 32 sisw. Teknik Sampling
yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan
data mengenai kematangan berpikir siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling
kelompok, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan datadata siswa kelas VII
B. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus t-test.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 8,586 kemudian dikonsultasikan
dengan ttabel pada d.b = (N - 1) = (32 - 1) yang menunjukkan pada taraf signifikansi 1% = 2,744
dan taraf signifikansi 5% = 2,040 dengan demikian maka nilai thitung lebih besar dari pada ttabel
atau 2,040<8,586>2,744. Sehubungan dengan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa
“Ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kematangan Berpikir Siswa Kelas
VII B SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018â€. Terbukti kebenarannya Kata kunci :
Layanan Konseling Kelompok, Kematangan Berpikir Siswa

Published

2019-01-31

Issue

Section

Artikel