KORELASI RASA PERCAYA DIRI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Catharina Lidya A.K & Agustinus Roedy Koesdyantho

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i2.2681

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan
antar rasa percaya diri dengan keterampilan sosial di sekolah pada siswa kelas
XIPS SMA 6 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Populasi Dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 6
Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, lalu yang menjadi sample dalam penelitian
ini ialah sebagian siswa kelas X IPS SMA N 6 Surakarta yang berjumlah 30 siswa,
pada setiap kelas di ambil 6 siswa secara acak. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kuantitatif.Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah metode angket,observasi dan dokumentasi. Metode angket
digunakan untuk mengumpulkan data tentang rasa percaya diri dengan
keterampilan sosial, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui
data siswa dan mengumpulkan hasil kegiatan siswa.Untuk menganalisis data
digunakan rumus korelasi product moment.
Melalui hasil analisis data yang sudah di hitung dengan menggunakan
statistik menunjukkan bahwa yang diperoleh sebesar 0,467. Selanjutnya
nilai tersebut dikonsultasikan dengan pada N = 30 pada taraf
signifikansi 5% yaitu 0,361. Sehingga lebih besar dari atau 0,467>
0,361. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “ada hubungan antara
rasa percaya diri dengan keterampilan sosial pada siswa kelas X IPS SMA N 6
Surakarat tahun pelajaran 2017/2018†diterima kebenarannya pada taraf
signifikansi 5%.
Kata Kunci:Rasa Percaya diri, Keterampilan Sosial

Published

2019-01-31

Issue

Section

Artikel