PERAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN GESTALT TERHADAP KEMAMPUAN PENERIMAAN DIRI LANSIA DI POS LANSIA BINA SEJAHTERA KADIPIRO SURAKARTA TAHUN 2017

Authors

  • Saiful Anwar Fadjeri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran Konseling Individu dengan Pendekatan Gestalt Terhadap Kemampuan Penerimaan Diri Lansia di POS Lansia Bina Sejahtera Kadipiro Surakarta 2017.
Penelitian ini mengambil subyek pengurus di POS Lansia Bina Sejahtera berjumlah 2 orang dari keseluruhan pengurus berjumlah 17 orang. Peneliti tertarik memilih 2 orang pengurus inti yang diteliti yaitu ketua dan sekretaris yang dianggap paling berpengaruh di POS Bina Sejahtera.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi kemudian hasil dari sebuah penelitian tersebut dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa : Sebelum Konseling individu dengan pendekatan Gestalt dalam penerimaan diri, klien menganggap akan ketidak mampuan diri, tidak menghargai diri sendiri, Setelah diberikan konseling individu dengan pendekatan gestalt, maka ada perubahan sudah memiliki rasa penerimaan akan kelebihan maupun pada kekurangan pada diri sendiri, jadi untuk penerimaan diri lansia di pos bina sejahtera untuk klien S dan M ada kemajuan.
Kata Kunci : Konseling Individu, Pendekatan Gestalt, Kemampuan Penerimaan Diri


PlumX Metrics

Published

2018-05-07

Issue

Section

Artikel