TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYNG SISWA KELAS X TKJ 1 SMK NEGERI 1 WONOSEGORO KABUPATEN BOYLALI TAHUN 2016/2017

Authors

  • Angga Wijiarto Sri Hartini

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengurangi perilaku bullying siswa dengan mengunakan teknik role playing pada siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, populasinya dalah tiga siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Wonosegoro. Teknik penumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berupa data primer dan sekuder. Data primer berupa hasil wawancara dengan teman sebaya dan guru BK melalui wawancara. Subjek penelitian adalah kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Wonosegoro yang berjumlah tiga siswa yang berperilaku bullying. Sementara objek penelitian berupa teknik role playing untuk mengurangi perilaku bullying. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyaji dan kemudian kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik role playing dapat mengurangi perilaku bullying. Keberhasilan ini dapat diketahui melalui hasil wawancara dan observasi. Berdasarkan perubahan yang terjadi pada siswa telah membuktikan bahwa teknik role playing efektif untuk mengurangi periaku bullying siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : teknik role palying, perilaku bullying

PlumX Metrics

Published

2018-05-07

Issue

Section

Artikel