PERAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MANAGEMEN ORGANISASI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Alfi Hidayatur Ramadhlani Sri Hartini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan kelompok terhadap managemen organisasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan sepuluh siswa yang menjadi subyek serta beberapa pihak yang menjadi narasumber. Sedangkan obyek penelitian adalah managemen organisasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama 4 kali pertemuan terhadap managemen organisasi siswa kelas VII dalam bentuk bimbingan kelompok, dapat disimpulkan bahwa 8 dari sepuluh siswa dapat mengatur peran atau tugasnya dalam organisasi (kegiatan ekstrakurikuler) yang diikuti dengan baik, dua lainnya mulai ada sedikit perubahan.
Kata kunci: bimbingan kelompok, managemen organisasi, siswa kelas VII.


PlumX Metrics

Published

2018-05-07

Issue

Section

Artikel