PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PERCONTOHAN TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 3 SRAGEN

Authors

  • Arif Nur Hidayah Lydia Ersta K admin

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena layanan bimbingan dan konseling yang lebih didominasi oleh layanan klasikal dan cenderung diarahkan pada layanan bidang belajar. Belum ada layanan penguasaan konten yang mengarah pada karir siswa di luar layanan bidang belajar.
Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui berpengaruh tidaknya layanan penguasaan konten teknik percontohan terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XII SMA Negeri 3 Sragen.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 3 Sragen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 40 item pernyataan yang diberikan sebelum treatment dan sesudah treatment. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten dengan teknik percontohan mengalami peningkatan rata-rata sebesar 6%. Berdasarkan hasil analisis t-test dengan menggunakan taraf signifikan 5%, hasil analisis uji beda diperoleh thitung = 4,2007 dan ttabel = 2,0017, jadi thitung > ttabel sehingga dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Ada pengaruh layanan penguasaan konten teknik percontohan terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XII SMA Negeri 3 Sragen.
Kata Kunci: Motivasi berwirausaha, layanan penguasaan konten, teknik percontohan

PlumX Metrics

Published

2018-05-07

Issue

Section

Artikel