PERAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE TERAPHY (RET) DALAM MENGATASI KECEMASAN SOSIAL DI KELAS VIII E PADA SISWA SMP NEGERI 1 GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Yudha Mustika Larasati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran layanan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Teraphy (RET) dalam mengatasi kecemasan sosial di kelas VIII E pada siswa SMP Negeri 1 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah 1 anak di kelas VIII E Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengetahui latar belakang penyebab klien dalam mengatasi kecemasan sosial sebelum dan sesudah konseling individu menggunakan pendekatan Rational Emotive Teraphy (RET) dengan menggunakan teknik Assertive Training, teknik Self Modeling, dan teknik Imitasi dilakukan saat wawancara dan konseling. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi data, sedangkan analisis data yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa dengan Pendekatan Rational Emotive Teraphy (RET) dengan merubah pola pikir yang semula irasional menjadi rasional dapat mengurangi kecemasan sosial dan perilakunya berubah menjadi lebih baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa kenseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Teraphy (RET) menggunakan teknik Assertive Training, teknik Self Modeling, dan teknik Imitasi efektif untuk menangani anak yang mengalami kecemasan sosial.
Kata kunci: Konseling Individu, Rational Emotive Teraphy, Kecemasan Sosial

PlumX Metrics

Published

2018-05-07

Issue

Section

Artikel