PERAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED THERAPHY TERHADAP KEMAMPUAN PENERIMAAN DIRI PENERIMA MANFAAT DI PANTI PELAYANAN SOSIAL WANITA “WANODYATAMA” SURAKARTA TAHUN 2016/2017

Authors

  • Nis Surti Zahro Mutiah Hera Heru SS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Client Centered Therapy terhadap Kemampuan Penerimaan Diri Penerima Manfaat di Panti Pelayanan Sosial Wanita “WANODYATAMA” Surakarta Tahun 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di Panti Pelayanan Sosial Wanita “WANODYATAMA” Surakarta bulan Februari sampai 7 Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Data Primer berupa hasil wawancara dengan Penerima Manfaat yang sedang memiliki konflik. Data sekunder berupa dokumen, gambar dan hasil wawancara dengan Pekerja Sosial. Teknik cuplikan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Subjek penelitian adalah 3 Penerima Manfaat yang memiliki kemampuan penerimaan diri rendah. Objek penelitian berupa kemampuan penerimaan diri melalui layanan konseling individu dengan pendekatan client centered therapy. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis Data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan.
Setelah diberikan layanan konseling individu dengan pendekatan client centered therapy, kemampuan penerimaan diri penerima manfaat meningkat, yang ditunjukkan dengan selalu bersikap tenang dan memiliki kemampuan: mampu menerima dirinya terhadap lingkungan di Panti, mampu bersosialisasi, menyelesaikan masalahnya, optimis.
Kata kunci: Layanan Konseling Individu, Pendekatan Client Centered Therapy, Penerimaan Diri

PlumX Metrics

Published

2018-05-07

Issue

Section

Artikel