PERAN KONSELING INDIVIDUAL MELALUI PENDEKATAN CLIEN CENTERED THERAPHY DALAM MENANGANI SISWA YANG MENARIK DIRI DI SMP NEGERI 2 GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Lusiana Eko Dewi Amborowati Lydia Ersta K

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui peran konseling individual melalui pendekatan Clien Centered Theraphy dalam menangani siswa yang menarik diri di SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan bentuk deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kunjungan rumah dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa di SMP Negeri 2 Gondangrejo yang berjumlah 1 orang. Dan objeknya adalah perilaku menarik diri siswa. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber, sedangakan untuk menganalisi datanya digunakan adalah analisis teraktif dengan langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikankesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil wawancara, observasi, kunjungan rumah dan dokumentasi dapat diketahui bahwa setelah dilakukan konseling individual selama 3 kali teradapat perubahan perilaku pada diri subjek menuju kearah yang lebih baik, ha ltersebut dibuktikan dengan subjek sudah dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman-teman sebayanya.
Kata Kunci :Deskriptif Kualitatif, Perilaku Menarik Diri

PlumX Metrics

Published

2018-05-07

Issue

Section

Artikel