PERAN MEDIA VISUAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA DINI DI RA AL-HIKMAH KOTA JAMBI

Authors

  • Dwy Esty Lestari UIN Sulthan Thaha Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v4i2.3305

Keywords:

Early Childhood Education, Environmental Compassion Character, Visual Media

Abstract

This study aims to examine the role of visual media on students’ character building of environmental compassion at Islamic kindergarten Al-Hikmah Jambi City, Indonesia. Visual media used through projector and printed out paper. The method of this study was qualitative descriptive in form of case study through observation and semi-structured interview as instrument in collecting data. The data analysis used descriptive qualitative through data collection, data reduction, data display and drawing conclusion. The result of this study indicated that the implication of integrating visual media on students’ character building of environmental careness had given a positive effect to students’ activity in school and outside school. Their character of environmental compassion had been showed in and outside the classroom. The visual media integration on students’ character building can give a positive attitude to the student. The use of visual media is not limited to build the students’ character of environmental compassion, but also it can be used to build others positive students’ character. In other words, the use of visual media can be implemented in order to improve and achieve the goals of teaching and learning process.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari penggunaan media gambar dalam membangun karakter peduli lingkungan peserta didik pada Raudhatul Athfal Al Hikmah Kota Jambi, Indonesia. Media gambar yang digunakan dalam pembelajaran dalam bentuk visual melalui Projector dan dalam bentuk print out. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yakni studi kasus yang dilakukan melalui observasi dan wawancara seb agai instrument pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Implikasi dari penerapan media gambar dalam membangun karakter peduli lingkungan telah memberikan pengaruh yang positif terhadap aktifitas sehari-hari peserta didik baik disekolah maupun di rumah, karakter peduli lingkungan peserta didik tersebut telah mereka tunjukkan dengan baik di sekolah maupun di rumah. Penerapan  media gambar dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan dapat memberikan pengaruh yang positif kepada peserta didik. Penggunaan media gambar ini tidak hanya sebatas digunakan untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan semata, namun juga penggunaan media gambar dapat juga digunakan untuk mengembangkan karakter positif lainnya secara umum. Atau dengan kata lain penggunaan media gambar dapat diterapkan guna meningkatkan dan mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal & Sujak. (2011). Panduan dan aplikasi Pendidikan Karakter, Bandung: Yrama Widya.

Ashar. Ruswiyani, E. (2019). Pembentukan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Anak Usia TK. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD. 4(1), 1-11.

Casey, L., B. & Carter, S., L. (2016). Applied Behavior Analysis in Early Chilhood Education, New York: Routledge.

Creswell, J. W. (2014). Research Design; Qualitative, Quantitative & Mixed Methods Approach. California: Sage Pub Inc.

El-Khuluqo, Ihsana. (2015). Manajemen PAUD, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter bangsa, Jakarta: kemendiknas Balitbang Pusat kurikulum.

Kusuma, Doni, A. (2012). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh, Yogyakarta; kanisius.

Latif, Mukhtar. dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ma’mur, Jamal. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Usia Dini, jakarta; Kencana.

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non-Dikotomik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD, Bandung; Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta; Bumi Aksara.

Nucci, Larry, P. & Narvaez, Darcia. (2008). Handbook of Moral and Character Education, New York: Routledge.

Nurhayati, Siti. (2014). Pengembangan Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita, Tesis: Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga.

Pritchard, A & Woolard, J. (2010). Psychology for the Classroom: Constructivism and Social Learning, Oxon: Routledge.

Purwanto, Setyoadi. (2011). Pengembangan Lagu Model Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Tesis, program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Putra, N. & Ninin. (2012). Penelitian Kualitatif PAUD, Jakarta; Raja Grapindo Persada.

Roostin, E. & Swandhina, M. (2019). Analisis Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini Berbasis Karakter di TK Arasy Kabupaten Sumedang. Jurnal Tunas Siliwangi. 5(2). 45-51.

Rosmiati, Ana. (2014). Teknik Stimulasi Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Lirik Lagu Dolanan. Journal.isi.ac.id. 15(1) Sofyan, H. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannya, Jakarta: Infomedika. Yogyakarta; Diva Press.

Sudaryanti, (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, (ejournal.uny.ac.id Vol 1. No.1 2012)

Sujiono, Y., N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suparno, Paul (2015). Pendidikan karakter Di Sekolah, Yogyakarta: Kanisius.

Undang-undang RI No. 20 Th.2003. (2011). Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika.

Wibowo, Agus. (2010). Pendidikan Karater Berbasis Sentra, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013

Published

2019-12-31

How to Cite

Lestari, D. E. (2019). PERAN MEDIA VISUAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA DINI DI RA AL-HIKMAH KOTA JAMBI. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 122–135. https://doi.org/10.33061/jai.v4i2.3305