UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE MOZAIK DENGAN BIJI-BIJIAN DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA CARUBAN KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2735Keywords:
Creativity, MosaicAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bahwa metode mozaik dengan biji-bijian dapat meningkatkan kreativitas anak, 2) untuk mengetahui besarnya peningatan kreativitas anak melalui metode mozaik dengan biji-bijian pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Caruban Kandangan Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode mozaik dengan biji-bijian terbukti efektif dapat meningkatkan kreativitas belajar anak di Kelompok B TK Dharma Wanita Caruban Kandangan Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kreativitas anak sebelum tindakan hanya mencapai 10%, kemudian setelah diadakan perbaikan pada Siklus I meningkat menjadi 35%, dan Siklus II menjadi 85%, telah memenuhi persentase maksimum yang telah ditentukan yaitu 80%. Keberhasilan ini ditandai dengan anak mampu mengisi pola menempel dengan biji-bijian, ketepatan dan kerapian dalam menempel, menceritakan hasil karya yang dibuatnya.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2007. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Alexander, Yenni. 2012. Mozaik. Diambil dari: http://alexanderyenni. blogspot.com/2012/12/mozaik.html.
Ali, Muhammad. 2011. Memahami Riset Prilaku dan Sosial. Bandung : Pustaka Cendekia Utama.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta: Cipta Jaya.
Erman Ismiyatun. 2004.Berkreasi dengan Pelepah Pisang. Jakarta : Trubus Agrisarana.
Ghufron, M. N. dan Risnawati, S. R. 2011. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Media Cipta
Muharrar, Syakir. 2013. Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Semarang : Erlangga.
Pamadhi, Hajar & Evan Sukardi. 2008. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta Grafindo Litera Media.
Permendiknas 58 tahun 2009. Indikator Pencapaian Tahap Perkembangan Anak Usia Dini.
Poerwadarminta, W. J. S. (2001). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sachari, Agus. 2012. Sejarah dan Perkembangan Desain dan Dunia Kesenirupaan di Indonesia. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Satiadarma, Monty P. dan Fidelis E. Waruwu. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Sawarji Suwandi. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Sternberg, Robert J. 2008. Psikologi Kognitif. Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suratno. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Wahyudi. 2007. Anak Kreatif. Jakarta : Gramedia Widiarana Indonesia.
Wijanarko, Lina. 2013. Kolaze, Mozaik, Montaze. Diambil dari: http:// linaparlina.blogspot.com/2013/kolase-mozaik-montase-kolase-menurut.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.