MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI PERMAINAN WARNA DENGAN MENGGUNAKAN CAT AIR PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2734Keywords:
Science Skills, Color GamesAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran permainan warna dengan menggunakan cat air dalam meningkatkan kemampuan sains anak, 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains pada anak setelah kegiatan permainan warna dengan menggunakan cat air di Kelompok B TK Negeri Pembina Kabupaten Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan sains anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kabupaten Temanggung dari kondisi awal sampai dengan dilaksanakannya perbaikan pembelajaran sampai dengan Siklus II telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pada kondisi awal, anak yang mampu menunjukkan kemampuan sainsnya hanya 3 anak (20%) dari 15 anak. Berdasarkan perbaikan pembelajaran yang diperoleh pada Siklus I, maka dapat dilihat hasil penelitian bahwa anak yang mampu melaksanakan permainan warna dengan kriteria berkembang sesuai harapan 7 anak (46,7%), mulai berkembang 2 anak (13,3%), dan belum berkembang 6 anak (40%). Setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada Siklus II anak yang dianggap mampu dengan kriteria berkembang sesuai harapan 13 anak (86,8%), mulai berkembang 1 anak (6,6%), belum berkembang 1 anak (6,6%) dan telah mencapai standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan dengan kriteria anak tertarik dalam kegiatan bermain warna, anak mampu mencampur warna dengan baik, dan anak mampu menjawab pertanyaan dari peneliti.
Downloads
References
Amien. 2008. Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan Metode “Discovery †dan “Inquiry â€. Jakarta: Depdikbud Dikti PPLPTK
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Darma Prawira, Sulasmi. 1989. Warna sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Acuan Menu Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (Menu Pembelajaran Generik). Jakarta : Depdiknas Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Drs. 2005. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran
Fajrin, Shofa. 2014. Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna dengan Media Bahan Alam pada Anak. Skripsi.
Gagne, Robert. 1976. Essential of Learning for Instruction. New York. Alih Bahasa Agus Gerrad
I.L.Pasaribu dan B. Simanjuntak. 2003 Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito
Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Lexy J Moleong. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Menteri Pendidikan. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Citra Umbara.
Murniati, Desri. 2014. Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen pada Kelompok B di PAUD Haqiqi Kota Bengkulu. Skripsi.
Nasution. 2003. Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Nugraha, Ali. 2007. Dasar-dasar Matematika dan Sains. Jakarta : Universitas Terbuka.
Nugraha, Ali. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.
Permendiknas. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Permendiknas.
Saepudin. 2012. Pembelajaraan Sains pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. http://www.forumpaudntb.org/index.php?option=com_content&view=article&id=83:pembelajaran-sains-pada-programpaud&catid=101:beranda
Sardiman, A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Semiawan, Conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar). Jakarta: PT Prehallindo.
Solehuddin, M. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sukardi, Dewa Ketut. 2003. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Prestasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.