MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN BOWLING PADA ANAK KELOMPOK B KB LESTARI KARANGBANGUN

Authors

  • Siti Nur Hayati & AR. Koesdyantho

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v2i1.1684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak melalui permainan bowling kelompok B KB Lestari Karangbangun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan `kelas (classroom actionresearch). Subjek dalam penelitian adalah 8 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara.Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan analisis kritis, indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 8 anak memiliki kemampuan mengenal bilangan dengan kriteria sesuai harapan atau berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bermain bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak Kelompok B KB Lestari Karangbangun, Hal ini dibuktikan pencapaian kemampuan mengenal dan menghitung bilangan anak yang berkembang sangat baik. Peningkatan kemampuan mengenal bilangan anak dapat dilihat pada hasil penelitian pratindakan diperoleh 25% atau 2 anak dari 8 anak berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Pada siklus I diperoleh 37,5%, anak mengenal angka dan 62,5 % untuk menghitung bilangan berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Pada siklus II diperoleh 81,25% untuk mengenal angka dan 87,5% untuk menghitung bilangan berada pada kriteria berkembang sangat baik.
Kata kunci: Kemampuan mengenal bilangan, permainan bowling, Kelompok B

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-06-18

How to Cite

AR. Koesdyantho, S. N. H. &. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN BOWLING PADA ANAK KELOMPOK B KB LESTARI KARANGBANGUN. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.33061/ad.v2i1.1684