PENGARUH KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ( IAA, Root Up, dan Gibgro-20T ) TERHADAP PERTUMBUHAN JAHE ( Zingiber Officinale Rosc. )

Authors

  • Diyan Isbiyantoro Ch. Tri Harwati, J.M. Sri Hardiatmi

DOI:

https://doi.org/10.33061/innofarm.v14i1.967

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “PENGARUH KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ( IAA, Root Up, dan Gibgro-20T ) TERHADAP PERTUMBUHAN JAHE ( Zingiber Officinale Rosc. )” telah dilaksanakan mulai bulan Juni 2014 sampai Oktober 2014 di Greenhouse Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi yang terletak di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah..Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari satu faktor dengan tiga perlakuan, masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Data dianalisis menggunakan Analisis Ragam, yang dilanjutkan dengan Uji BNJ pada taraf nyata 5%.
Perlakuan konsentrasi ZPT IAA 50, 75, dan 100 ppm tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan per rumpun, jumlah daun per rumpun, berat segar dan berat kering brangkasan per rumpun ; kecuali konsentrasi 75 ppm yang berpengaruh nyata meningkatkan jumlah daun per rumpun tanaman jahe. Perlakuan konsentrasi ZPT Root Up 50 ppm hanya berpengaruh nyata terhadap peningkatan jumlah daun dan berat kering brangkasan per rumpun, sedangkan terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan, dan berat segar brangkasan per rumpun tidak berpengaruh nyata. Perlakuan konsentrasi ZPT Root Up 75 dan 100 ppm hanya berpengaruh nyata terhadap peningkatan jumlah daun per rumpun ; sedangkan terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan, berat segar dan berat kering brangkasan per rumpun tidak berpengaruh nyata. Perlakuan konsentrasi ZPT Gibgro 20T 50, 75, dan 100 ppm tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan per rumpun, jumlah daun per rumpun, berat segar dan berat kering brangkasan per rumpun tanaman jahe. Perlakuan terbaik adalah ZPT Root Up dengan konsentrasi 50 ppm karena dapat menghasilkan jumlah daun terbanyak yaitu 15,67 daun dan berat kering brangkasan yang lebih berat yaitu 2,32 g per rumpun tanaman jahe.
Kata kunci : Konsentrasi, ZPT, Pertumbuhan, Jahe.

PlumX Metrics

Published

2015-05-11

Issue

Section

Artikel