PEMBERDAYAAN PETANI OLEH PERUSAHAN PT. HOLCIM CILACAP SECARA KONSEPSIONAL

Authors

  • Sarwono - -
  • Pramono - Hadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/innofarm.v12i2.765

Abstract

ABSTRAK

Penelitian Pemberdayaan Petani oleh Perusahaan Secara Konsepsional, telah dilakukan dengan baik di kabupaten Cilacap pada bulan Maret sampai Agustus tahun 2013. Penelitian ini bermaksud untuk mendapatkan konsep dasar pemberdayaan petani yang dikembangkan oleh PT Holcim dan bagaimana model konsepsional pemberdayaan petani yang dapat diberlakukan oleh PT Holcim  di masa mendatang, sedangkan  metode penelitian dengan cara kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemberdayaan petani oleh perusahaan yang dapat diterapkan pada perusahaan penyelenggarakan pemberdayaan petani oleh perusahaan telah dikembangkan pada pendekatan bahwa konsep dasar yang dipergunakan perusahaan mempunyai konsep three bottom line yaitu profit, people dan planet, dimana konsep ini masih tetap dipergunakan sebagai dasar pelaksanaan CSR perusahaan. Keterpaduan planet, people dan profit tidak dapat dipisahkan dan merupakan langkah yang perusahaan dalam memperhatikan dan mempertangungjawabkan semua aktivitas perusahaaan. Model pemberdayaan petani yang diusulkan pada perusahaan dengan konsep 4P yaitu. phylantropy, planet, poeple, dan profit sangat tepat dipergunakan sebagai konsep dasar pemberdayaan petani oleh perusahaan dalam medukung budaya gotong royong.

 

Kata Kunci. Konsep pemberdayaan, perusahaan dan petani.

PlumX Metrics

Published

2014-01-07

Issue

Section

Artikel