A KAJIAN DOSIS PUPUK UREA DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SORGUM MANIS (Sorgum bicolor (L.) Moeneh)

Kajian Dosis Pupuk Urea Dan Pupuk Kandang Ayam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Sorgum Manis (Sorgum bicolor (L.) Moeneh)

Authors

  • Safira Bella Justitia
  • Y. Sartono Joko Santosa
  • Saiful Bahri

DOI:

https://doi.org/10.33061/innofarm.v23i2.6195

Abstract

Penelitian ini berjudul Kajian  Dosis Pupuk Urea Dan Pupuk Kandang Ayam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Sorgum Manis (Sorgum bicolor (L). Moench), bertujuan untuk mengkaji interaksi pemberian dosis pupuk urea dan pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum manis (Sorgum bicolor (L.) Moench), dilaksanakan mulai bulan April 2021 sampai bulan Juli 2021, di Dusun Kalitan, Desa Kertonatan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo dengan ketinggian tempat 121 m diatas permukaan laut dan jenis tanahnya Regosol. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disususn secara faktorial yang terdiri dari 16 perlakuan yang masing – masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk urea dan pupuk kandang ayam. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan uji BNJ (Beda Nyata Jujur) pada taraf 5 % . Parameter – parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, berat brangkasan basah, berat brangkasan kering, jumlah biji pertanaman, berat biji kering pertanaman, dan berat 100 biji kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dosis pupuk urea (U) memberikan pengaruh pada jumlah daun tertinggi yaitu 29,33 helai dan berat brangkasan kering tertinggi yaitu 513,40 gram (2) Pupuk kandang ayam (A) memberikan pengaruh pada jumlah daun tertinggi yaitu 29,33 helai (3) Interaksi antara dosis urea (U) dan pupuk kandang ayam (A) tidak memberikan pengaruh pada semua pengamatan.

PlumX Metrics

Published

2021-11-02