PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK ALAMI TERHADAP PEMBIBITAN DAN HASIL UMBI TALAS (Colocasia esculenta L).

Authors

  • Sulistiyono, Saiful Bahri & Kharis Triyono

DOI:

https://doi.org/10.33061/innofarm.v17i1.1812

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Alami Terhadap Pimbibitan dan Hasil Umbi Talas (Colocasia esculenta L).bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi dan jenis ekstrak alami yang tepat terhadap pembibitan dan produksi ubi talas.
Penelitian ini merupakan percobaan lapangan, disusun dalam Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) 2 faktor sebagai berikut : Perlakuan Jenis esktrak alami (E) terdiri dari 3 taraf perlakuan, yaitu: E1 =Air Kelapa, E2= Air Cucian Beras dan E3=Ekstrak Teh. Perlakuan konsentrasi ekstrak alami (K) terdiri dari 4 taraf, yaitu K0= Konsentrasi ekstrak alami 0 ml per tanaman (kontrol), K1=Konsentrasi ekstrak alami 50 ml per tanaman, K2 =Konsentrasi ekstrak alami 100 ml per tanaman dan K3=Konsentrasi ekstrak alami 150 ml per tanaman. Untuk mengetahui perbedaan dilakukan uji lanjutan dengan DMRT.
Hasil yang diperoleh pada perlakuan konsentrasi pupuk estrak alami yang digunakan berpengaruh terhadap komponen pengamatan yang diamati. Jenis pupuk ekstrak alami yang digunakan tidak berpengaruh terhadap parameter yang diamati. Tidak ada interaksi antara keduanya terhadap semua parameter yang diamati. Pupuk ekstrak alami air kelapa dengan konsentrasi 150ml/ tanaman akan memberikan hasil paling baik dibandingkan dengan pupuk air teh dan air cucian beras pada tanaman talas Jepang.
Kata Kunci : Talas Jepang, estrak alami, konsentrasi

PlumX Metrics

Published

2017-11-02

Issue

Section

Artikel