PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn KELAS VIII DI SMP 23 N SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.33061/glcz.v3i1.1818Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh “PenerapanMetode Debat Aktif Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar
PPKn Kelas VIII di SMP N 23 Surakarta 2016/2017. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain pretest postes
group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G sebagai kelas
kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dan H sebagai kelas
eksperimen, yang menggunakan pembelajaran metode debat aktif berbasis
pendidikan karakter. yang masing masing kelas berjumlah 34 siswa. Penelitian ini
dilakukan dua kali pertemuan setiap kelas, dan diberikan pretest dan postest untuk
mengukurnya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi,
dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t test.Hasil
penelitian menunjukan bahwa penerapan metode debat aktif pada hasil belajar
siswa pada kelompok eksperimen rata-rata 63,53, pada kelompok kontrol rata-rata
64,56. Nilai p =0,651 (p>0,05 Data posttest hasil belajar siswa pada kelompok
eksperimen rata-rata 87.79,. Pada kelompok kontrol rata-rata 74.56. Nilai p
=0,000 (p<0,05). Data selisih pretest-posttest hasil belajar siswa pada kelompok
eksperimen rata-rata 24.26, pada kelompok kontrol rata-rata 10.00. Nilai p =0,000
(p<0,05), yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar
siswa sesudah perlakuan, dimana diketahui bahwa kelompok eksperimen (metode
debat aktif berbasis pendidikan karakter) mendapatkan peningkatan hasil belajar
yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian ada
“Pengaruh Metode Debat Aktif Berbasis Pendidikan Karakter Efektif
Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Kelas VIII di SMP N 23â€.
Kata Kunci : Metode Debat Aktif, Pendidikan Karakter, Prestasi Belajar, PPKn.
Downloads
Published
2017-11-09
How to Cite
Sugiaryo, D. K. &. (2017). PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn KELAS VIII DI SMP 23 N SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1). https://doi.org/10.33061/glcz.v3i1.1818
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.