PROFIL TENAGA PENGAJAR BIDANG PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KABUPATEN JEMBER DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME
DOI:
https://doi.org/10.33061/glcz.v3i1.1821Abstract
Seorang guru wajib memiliki kualifikasi akademik yang diperoleh melaluipendidikan tinggi program sarjana (S1), Peningkatkan profesionalisme guru
berhak mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) atau dengan mengikuti
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Profesionalitas guru sering
dikaitkan dengan tiga faktor yang cukup penting, yaitu kompetensi guru,
sertifikasi guru, dan tunjangan profesi guru. Menurut UU RI No. 14 Tahun 2005,
kompetensi guru tersebut mencakup empat jenis, yaitu: kompetensi pedagogik,
kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Model
pengembangan untuk guru meliputi pengembangan guru yang dipandu secara
individu, observasi atau penilaian, keterlibatan dalam suatu proses
pengembangan/peningkatan, pelatihan, dan pemeriksaan. Budaya dan karakter
bangsa perlu dimiliki secara utuh oleh setiap guru yang mengampu mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan. Ini merupakan tantangan bagi seorang guru dalam
menanamkan nilai-nilai moral pancasila kepada para siswa-siswinya.
Kata Kunci: Tenaga Pengajar, Profesionalisme
Downloads
Published
2017-11-09
How to Cite
Ahmadi, K. (2017). PROFIL TENAGA PENGAJAR BIDANG PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KABUPATEN JEMBER DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1). https://doi.org/10.33061/glcz.v3i1.1821
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.