Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan E-Learning dalam Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 4 Pekanbaru

Authors

  • Aisyah Bunga Ramadhana UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
  • A Walfajri Fachriza UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
  • Mohd Egiyan Afriandri UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
  • Yunando Aditiya UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
  • Diaz Sari, M.I.Kom UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v14i2.12977

Abstract

Penelitian ini mengkaji persepsi siswa terhadap penggunaan e-learning dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 4 Pekanbaru. Dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara terhadap satu guru dan kuesioner terbuka kepada sepuluh siswa kelas XI, penelitian ini menelusuri bagaimana pembelajaran digital memengaruhi pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa umumnya memiliki persepsi positif terhadap e-learning karena fleksibilitas dan kemudahan akses, meskipun keterbatasan interaksi langsung menjadi kendala. Hambatan lainnya termasuk koneksi internet yang tidak stabil dan motivasi belajar yang menurun. Namun, strategi pembelajaran kontekstual seperti penugasan presentasi budaya lokal terbukti mampu memperkuat nilai kewarganegaraan dan keterlibatan siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya komunikasi pembelajaran yang efektif dan konten digital yang berpusat pada siswa dalam pembelajaran PKn. E-learning, bila dirancang dengan baik, dapat berperan besar dalam pembentukan karakter dan kewarganegaraan digital.

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Ramadhana, A. B., Fachriza, A. W., Afriandri, M. E., Aditiya, Y., & Sari, D. (2025). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan E-Learning dalam Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 4 Pekanbaru. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 14(2), 9–15. https://doi.org/10.33061/jgz.v14i2.12977