Pengambangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Materi Jaringan Komputer Sebagai Bahan Ajar Guru Informatika Kelas VIII di MTs Negeri 2 Surakarta
Abstract
Latar Belakang:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran informatika pada materi jaringan komputer di MTS Negeri 2 Surakarta, (2) mengetahui desain pengembangan media pembelajaran berbasis mobile, (3) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis mobile, (4) mengetahui respon pendidik (guru informatika) dari pengembangan media pembelajaran berbasis mobile materi jaringan komputer sebagai bahan ajar guru mata pelajaran informatika kelas VIII di MTS Negeri 2 Surakarta.
Metoodologi:
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Reserch and Development (R&D) dengan model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan dimulai dari Analyze Learner, State Standars and Objective, Select Media and Materials, Ultilize Media and Materials, Require Learner Participation, dan yang terakhir Evaluate.
Temuan Penelitian:
Hasil dari penelitian ini (1) pengetahuan mengenai proses pembelajaran informatika pada materi jaringan komputer di MTS Negeri 2 Surakarta, (2) Desain media pembelajaran berbasis Mobile sebagai bahan ajar guru mata pelajaran informatika, (3) kelayakan media pembelajaran berbasis mobile menurut Ahli Media yang memiliki prsentase sebesar 92% dengan kriteria Sangat Layak, menurut validasi Ahli Materi memiliki kelayakan 88% dengan kriteria Sangat Layak, (4) respons pendidik (guru informatika) memiliki kelayakan 94,6% dengan kriteria sangat layak.
Conclusion:
Media pembelajaran berbasis mobile dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran dikelas.