PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (PBK) MODEL TUTORIAL MELALUI VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Daniel Crista Hasiholan
  • Roedy Koesdyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) model tutorial melalui video guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklus berisi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif kritis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pre-test nilai terendah 20 dan tertinggi 100, sedangkan nilai post-test nilai terendah 16 dan tertinggi 100. Dilihat dari penghitungan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 16.0 dengan rumus Paired Samples Test, diperoleh nilai signifikan 0,021 yang berarti nilai sig 0,021 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) model tutorial melalui video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas IX SMPN 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK), model tutorial video , hasil belajar

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pengajaran. Jakarta:Raja Grafindo. Bambang Warsita. 2013. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Gava Media : Yogyakarta Ending Komara. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Aditama : Bandung Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjanuan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara. Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers

. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis komputer. Bandung : Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sakinah Zubair. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Macromedia Flash 8 dan Power Point Pada Materi Pokok Asam Basa. STIKES Mega Reski : Makassar

Sofwan Adiputra dan Mujiyati. 2017. Motivasi dan Prestasi BelajarSiswa di Indonesia. STKIP Muhammadiyah : Lampung

Sugiyono .2014. Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta : Bandung

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Putra

Syaiful Bahri Djamran dan Azwar Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta : Banjarmasin

Zulhelmi, Adlim, Mahidin. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Universitas Syiah : Aceh

Downloads