RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS MOBILE PEMBELAJARAN USER FRIENDLY BAGI GURU dan SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi berbasis mobile sebagai media pembelajaran online berupa rancang bangun aplikasi berbasis mobile pembelajaran user friendly bagi guru dan siswa. Penelitian ini adalah penelitian Waterfall dengan pendekatan Unifed Modeling Language (UML). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Tahapan perancangan yang digunakan meliputi perencanaan sistem, perancangan design, perancangan database, dan pembuatan coding program. Teknik evaluasi produk rancang bangun yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif kritis. Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis mobile yang telah dirancang dan dibuat dapat mempermudah proses kegiatan belajar mengajar, penyajian materi, soal, informasi pembelajaran dan nilai secara tepat dan cepat, dengan menggunakan media internet.
Kata Kunci : Rancang Bangun Aplikasi, Media Pembelajaran E-learning.
References
Tata Sutabi. 2005. “Perancangan Sistem Pendataan Inverntori Aset Jaringan Fiber Optik Pada PT. MNC Kabel Mediacomâ€. Journal Teknologi Informatika & Komputer. 55-61.
Ananda. 2014. E-learning Sebagai Model Pembelajaran.
Di unduh 10 Juni 2016 dari SlideShare.
Pressman & Bruce. 2014. Pengerian Aplikasi Berbasis Mobile
Di unduh 22 Juli 2017 dari DocPlayer.info.
Bekti. 2015. Pengertian Website.
Di unduh 9 Juli 2019 dari eprints.polsri.ac.id.
Indrajani. 2011. Pengertian Basis Data (Data Base)
Di unduh 10 april 2017 dari farihinmuhamad.blogspot.com
Sibero. 2011. Pengertian PHP Sebagai Aplikasi Server
Di unduh 1 januari 2016 dari eprints.polsri.ac.id
Arief. 2011. Pengertian MySQL
Di unduh 3 Maret 2015 dari bangpahmi.com
Nugroho. 2013. Pengertian PhpMyAdmin
Di unduh 1 April 2019 dari inginlulus.com
Whitten & Bentley. 2013. Pengertian Ajax
Di unduh 1 Januari 2014 dari binus.ac.id
Winston Royce. 1970. Pemahaman Tentang Metode Waterfall
Di unduh 8 Maret 2017 dari WordPress.com
Nugroho. 2013. Pengertian XAMPP
Di unduh 1 April 2014 dari eprints.polsri.ac.id
Sadeli. 2013. Pengertian Dreamweaver CS6
Di unduh 1 Maret 2017 dari widuri.raharja.info
Sasmito, Ginanjar Wiro. 2015. Sistem E-Academic. Politeknik Harapan
Setiawan, Alexander. 2013. Aplikasi Sistem Informasi Akademik Di Sekolah
Tinggi Thelogia Semarang.
Mesarn. 2012. Aplikasi Sistem Informasi Akademik / Berbasis Online.
Taufiq Abidin. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Kemahasiswaan.
Taufik Ramadhan. 2004. Rancang Bangun Aplikasi Untuk Notifikasi Jadwal
Kuliah Berbasis Android, Wujud Layanan STMIK ProVisi di bidang
akademik.