RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS MOBILE PEMBELAJARAN USER FRIENDLY BAGI GURU dan SISWA

Authors

  • Anisa Sholichah
  • Saiful Bahri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi berbasis mobile sebagai media pembelajaran online berupa rancang bangun aplikasi berbasis mobile pembelajaran user friendly bagi guru dan siswa. Penelitian ini adalah penelitian Waterfall dengan pendekatan Unifed Modeling Language (UML). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Tahapan perancangan yang digunakan meliputi perencanaan sistem, perancangan design, perancangan database, dan pembuatan coding program. Teknik evaluasi produk rancang bangun yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif kritis. Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis mobile yang telah dirancang dan dibuat dapat mempermudah proses kegiatan belajar mengajar, penyajian materi, soal, informasi pembelajaran dan nilai secara tepat dan cepat, dengan menggunakan media internet.
Kata Kunci : Rancang Bangun Aplikasi, Media Pembelajaran E-learning.

References

Tata Sutabi. 2005. “Perancangan Sistem Pendataan Inverntori Aset Jaringan Fiber Optik Pada PT. MNC Kabel Mediacom”. Journal Teknologi Informatika & Komputer. 55-61.

Ananda. 2014. E-learning Sebagai Model Pembelajaran.

Di unduh 10 Juni 2016 dari SlideShare.

Pressman & Bruce. 2014. Pengerian Aplikasi Berbasis Mobile

Di unduh 22 Juli 2017 dari DocPlayer.info.

Bekti. 2015. Pengertian Website.

Di unduh 9 Juli 2019 dari eprints.polsri.ac.id.

Indrajani. 2011. Pengertian Basis Data (Data Base)

Di unduh 10 april 2017 dari farihinmuhamad.blogspot.com

Sibero. 2011. Pengertian PHP Sebagai Aplikasi Server

Di unduh 1 januari 2016 dari eprints.polsri.ac.id

Arief. 2011. Pengertian MySQL

Di unduh 3 Maret 2015 dari bangpahmi.com

Nugroho. 2013. Pengertian PhpMyAdmin

Di unduh 1 April 2019 dari inginlulus.com

Whitten & Bentley. 2013. Pengertian Ajax

Di unduh 1 Januari 2014 dari binus.ac.id

Winston Royce. 1970. Pemahaman Tentang Metode Waterfall

Di unduh 8 Maret 2017 dari WordPress.com

Nugroho. 2013. Pengertian XAMPP

Di unduh 1 April 2014 dari eprints.polsri.ac.id

Sadeli. 2013. Pengertian Dreamweaver CS6

Di unduh 1 Maret 2017 dari widuri.raharja.info

Sasmito, Ginanjar Wiro. 2015. Sistem E-Academic. Politeknik Harapan

Setiawan, Alexander. 2013. Aplikasi Sistem Informasi Akademik Di Sekolah

Tinggi Thelogia Semarang.

Mesarn. 2012. Aplikasi Sistem Informasi Akademik / Berbasis Online.

Taufiq Abidin. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Kemahasiswaan.

Taufik Ramadhan. 2004. Rancang Bangun Aplikasi Untuk Notifikasi Jadwal

Kuliah Berbasis Android, Wujud Layanan STMIK ProVisi di bidang

akademik.

Downloads

PlumX Metrics