BUDIKDAMBER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DISABILITAS DI INKLUSI CENTER KECAMATAN KARANGANOM (ICKK)

Authors

  • Retno Wijayanti Prodi Agroteknologi FP UNS
  • Retna Bandriyati Arniputri Fakultas Pertanian UNS
  • Supriyadi Supriyadi Fakultas Pertanian UNS
  • Sholahuddin Sholahuddin Fakultas Pertanian UNS

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v8i1.6698

Abstract

Karanganom (ICKK) Bakti Negeri adalah keterbatasan ekonomi yang berakibat ketidakmampuan mencukupi kebutuhan pangan bergizi untuk keluarganya. Adanya pandemic Covid 19 lebih memperburuk kondisi keluarga disabilitas yang berasal dari keluarga prasejahtera. Kegiatan pengabdian dilakukan di ICKK Bakti Negeri Kecamatan Karanganom. Tujuan pengabdian adalah (1) melatih ketrampilan anak disabilitas dalam budidaya lele dalam ember (budikdamber), (2) memenuhi kebutuhan pangan keluarga disabilitas. Tujuan tersebut dicapai dengan melakukan pelatihan dan pemberian bantuan perlengkapan budikdamber. Pelaksanaan kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan, praktik budidaya, dan monitoring. Kegiatan dilakukan secara tatap muka dari rumah ke rumah penerima bantuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-03-30

How to Cite

Wijayanti, R., Arniputri, R. B. ., Supriyadi, S., & Sholahuddin, S. (2024). BUDIKDAMBER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DISABILITAS DI INKLUSI CENTER KECAMATAN KARANGANOM (ICKK) . Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 434–443. https://doi.org/10.33061/awpm.v8i1.6698