PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PRODUKSI MASKER PEEL OFF WAJAH DARI BAHAN ALAMI

Authors

  • dwi - Ningsih Universitas Setia Budi

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v5i2.5617

Abstract

Penduduk di Wilayah RW IV Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta sangat beragam, dari yang berusia produktif hingga dengan lansia, diantaranya terdapat banyak ibu – ibu dan remaja putri yang tidak bekerja tetapi berkeinginan dan sangat potensial untuk mendirikan home industry yang dikelola warga secara bersama. Dalam kaitannya dengan upaya untuk membina dan mengembangkan potensi ibu ibu dan remaja putri, metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat dilakukan melalui penyuluhan dan pelatihan pembuatan produk yang mudah dibuat, murah bahannya, dan banyak diminati di pasar, yaitu masker peel off dari bahan alami. Akhir dari program pengabdian ini dilakukan evaluasi keberhasilan pengabdian masyarakat. Evaluasi dinilai berdasarkan kuisioner dari peserta dan berdasarkan penilaian dari Ketua PKK RW IV. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh peserta yaitu dengan kesungguhan peserta dalam mengikuti kegiatan ini.Pada evaluasi dari Ketua PKK RW IV, kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat bagi warga dalam meningkatkan kemampuan ibu-ibu dalam pembuatan masker wajah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

dwi - Ningsih, Universitas Setia Budi

Dwi Ningsih

Departemen Farmasi : Farmakologi-Farmasi klinik komunitas

References

Masluhiya, Swaidatul dkk. 2016. Formulasi Masker Alami Berbahan Dasar Bengkoang dan Jintan Hitam untuk Mengurangi Kerutan pada Kulit Wajah. Jurnal Care Vol.4 No.2. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi: Malang.

BPOM RI. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia No. HK.03.1.23.08.11.07517 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik. 2011.

Depkes RI. 1995. Farmakope Indonesia edisi IV. Jakarta:

Hanin, Endang. 2014. Analisis Fitokimia. Jakarta: Buku Kedokteran

Herbie, Tandi.2015. Kitab Tanaman Berkhasiat Obat 226 Tumbuhan Obat Untuk Penyembuhan Penyakit dan Kebugaran Tubuh. Yogyakarta: Octopus.

Maharani, A. 2015. Penyakit Kulit, Perawatan, Pencegahan dan Pengobatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Septiani, Shanti, dkk. 2012. Formulasi Sediaan Masker Gel Antioksidan dari Ekstrak Etanol Biji Melinjo (Gnetun gnemon Linn). Bandung: Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran.

Fery Indradewi., Harnawati., Norita. Formulasi Sediaan Masker Gel Peel-Off Antioksidan Dari Ekstrak Sari Tomat (Solanum lycopersicum L. Var. Cucurbita). Fakultas Farmasi; Majalah Farmasi; 1(2): 29-32

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-11-01

How to Cite

Ningsih, dwi .-. (2021). PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PRODUKSI MASKER PEEL OFF WAJAH DARI BAHAN ALAMI. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 65–72. https://doi.org/10.33061/awpm.v5i2.5617

Most read articles by the same author(s)