PELATIHAN PEMBUATAN KEMASAN KAIN BATIK TULIS MURNI NGANGKRIK DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN MADIUN

Authors

  • Liliek Nur Sulistiyowati Universitas PGRI Madiun
  • Prima Utama Wardoyo Putro Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v5i1.4547

Abstract

UMKM Batik Ngangkrik merupakan salah satu produsen batik khas Kabupaten Madiun yang didirikan pada tahun 2013. Pengrajin Batik Ngangkrik memfokuskan pembuatan batiknya pada teknik tulis. Pengrajin Batik Ngangkrik meproduksi berbagai macam motif batik seperti Kenongo, Porang, Serat Jati, dan Gabah Sinawur. Meskipun Batik Ngangkrik ini sudah berdiri enam tahun silam, akan tetapi para pengrajin masih mengabaikan aspek kemasan batik yang menarik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pengrajin batik tentang pentingnya kemasan produk untuk meningkatkan pemasaran produk batiknya. Selain itu juga dilakukan pelatihan bagaimana cara membuat kemasan produk yang menarik. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui kegiatan sosialisasi, diskusi, dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran pengrajin batik akan pentingnya kemasan produk serta menambah keahlian pengajin batik dalam membuat kemasan produk guna meningkatkan penjualan produk batik mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhameria Vita. 2014. Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol XIII No 1 Mei 2014, hal 1 – 44.

Elroy Cristian. 2018. Analysis of Packaging Elements and Its Impact to Consumers Buying Decisions Using Factor Analysis Tool on Coffe Packaging Product. Jurnal EMBA. Vol 6 No 1 April 2018, Hal 648 - 657

Ezenylimba. 2018. Effect of Product Packaging on Sales Volume of Small and Medium Scale Bakery Firms in South East Nigeria. Internation Journal of Academic Reasearch in Business and Sosial Sciensces. Vol. 8 No. 6 Juni 2018.

Kotler, Philip Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Erlangg. Jakarta

Zekiri Jusuf. 2015. The Role and Impact of The Packaging Effect on Consumer Buying Behaviour. ECOFORUM. Volume 4 Special Issue 1.

PlumX Metrics

Published

2021-04-01

How to Cite

Sulistiyowati, L. N., & Wardoyo Putro, P. U. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN KEMASAN KAIN BATIK TULIS MURNI NGANGKRIK DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN MADIUN. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 89–94. https://doi.org/10.33061/awpm.v5i1.4547

Issue

Section

Artikel