PELATIHAN PEMBUATAN KEMASAN KAIN BATIK TULIS MURNI NGANGKRIK DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v5i1.4547Abstract
UMKM Batik Ngangkrik merupakan salah satu produsen batik khas Kabupaten Madiun yang didirikan pada tahun 2013. Pengrajin Batik Ngangkrik memfokuskan pembuatan batiknya pada teknik tulis. Pengrajin Batik Ngangkrik meproduksi berbagai macam motif batik seperti Kenongo, Porang, Serat Jati, dan Gabah Sinawur. Meskipun Batik Ngangkrik ini sudah berdiri enam tahun silam, akan tetapi para pengrajin masih mengabaikan aspek kemasan batik yang menarik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pengrajin batik tentang pentingnya kemasan produk untuk meningkatkan pemasaran produk batiknya. Selain itu juga dilakukan pelatihan bagaimana cara membuat kemasan produk yang menarik. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui kegiatan sosialisasi, diskusi, dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran pengrajin batik akan pentingnya kemasan produk serta menambah keahlian pengajin batik dalam membuat kemasan produk guna meningkatkan penjualan produk batik mereka.Downloads
References
Dhameria Vita. 2014. Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol XIII No 1 Mei 2014, hal 1 – 44.
Elroy Cristian. 2018. Analysis of Packaging Elements and Its Impact to Consumers Buying Decisions Using Factor Analysis Tool on Coffe Packaging Product. Jurnal EMBA. Vol 6 No 1 April 2018, Hal 648 - 657
Ezenylimba. 2018. Effect of Product Packaging on Sales Volume of Small and Medium Scale Bakery Firms in South East Nigeria. Internation Journal of Academic Reasearch in Business and Sosial Sciensces. Vol. 8 No. 6 Juni 2018.
Kotler, Philip Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Erlangg. Jakarta
Zekiri Jusuf. 2015. The Role and Impact of The Packaging Effect on Consumer Buying Behaviour. ECOFORUM. Volume 4 Special Issue 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.