Metode Braistorming Tertulis: Teknik Curah Pendapat Dengan Memaksimalkan Keterlibatan Semua Peserta Dalam Pengambilan Keputusan

Authors

  • Yusuf Yusuf Universitas Slamet Riyadi
  • Anita Trisiana

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3365

Abstract

Metode Brainstorming dikenal juga dengan metode curah pendapat atau sumbang saran. Hanya saja brainstorming kali ini dialakukan dengan cara tertulis. Tidak secara lisan. Berbeda dengan diskusi, dimana gagasan dari seseorang dapat ditanggapi (didukung, dilengkapi, dikurangi, atau tidak disepakati) oleh peserta lain, pada penggunaan metode Brainstorming pendapat orang lain tidak untuk ditanggapi. Metode ini berdasarkan pendapat bahwa sekelompok manusia dapat mengajukan usul lebih banyak dari anggotanya masing-masing. Dalam metode ini disajikan sebuah soal. Lalu para peserta diajak untuk mengajukan _dea pa pun mengenai soal itu, tidak peduli seaneh apapun ide itu. Ide-ide yang aneh tidak ditolak secara apriori, tetapi dianalisis, disintesis dan dievaluasi. Boleh jadi pemecahan yang tidak terduga yang akhirnya muncul”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Brainstorming adalah suatu bentuk diskusi dimana peserta didorong untuk menyatakan gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman serta ide-ide mengenai suatu masalah tanpa adanya penilaian dari pesertalain. Hanya saja brainstorming yang dicoba dikenalkan adalah dengan cara tertulis. Tujuan penggunaan metode Brainstorming ialah “menguras habis segala sesuatu yang dipikirkan oleh peserta didik dalam menggapi masalah yang dilontarkan kepadanya”. Agar tujuan dalam penerapan metode Brainstorming dapat tercapai maka perlu adanya aturan yang diperhatikan. Hal ini dimaksudkan agar metode Brainstorming dapat berjalan dengan efektif dan efisien sehingga tujuan yang diharapkan dapat terealisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allman Barbara dan Freeman S. , Menjadi Guru Kreatif. Golden Book, Jogjakarta, 2010

B. Uno Hamzah , Perencanaan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2010

Dananjaya, Utomo, Media Pembelajaran Aktif. Nuansa. Bandung, 2012

Djamarah, S.B dan Zain, AStrategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta, 2010

Fathurrohman. P dan Sobry, S., Strategi Belajar Mengajar. PT. Refika Aditama,Bandung, 2007

Madjid, A, Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011

Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. PT. Gramedia. Jakarta, 1985

Nurdin, Syafrudin., Model Pembelajaran Dengan Memperhatikan Keberagaman, 2004

Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Remaja Rosdakarya,Bandung

Roestiyah N.K., Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.Jakarta, 2012

Soebani, B. A, Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008

Subana dan Sunarti, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. CV Pustaka Setia. Bandung, 2009.

Sudjana, N, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo, Bandung, 1998

Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa. PT. Bumi Aksara. Jakarta, 2009

Supriyadi Strategi Belajar Mengajar. Cakrawala Ilmu, Yogyakarta, 2011

Surjadi, A, Membuat Siswa Aktif Belajar. Mandar Maju, Bandung, 1989

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Kencana, Jakarta, 2009

———-,Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta, 2012

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-12-28

How to Cite

Yusuf, Y., & Trisiana, A. (2019). Metode Braistorming Tertulis: Teknik Curah Pendapat Dengan Memaksimalkan Keterlibatan Semua Peserta Dalam Pengambilan Keputusan. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 108–116. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3365

Issue

Section

Artikel