Tahap –Tahap Bimbingan Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar

Authors

  • lydia ersta kusumaningtyas
  • A. Roedy Koesdyantho

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3353

Abstract

Judul Pengabdian ini adalah “: Mengenal Multiple Intelligences untuk mengembang– kan  Bakat dan Minat Anakâ€

Khalayak sasaran dalam program pengabdian ini adalah Masyarakat Non Produktif yaitu guru dan orang tua peserta didik TK Lakshmi 7 Surakarta. Mereka perlu diberi tambahan pengetahuan dikarenakan guru TK Lakshmi 7 tidak berlatar belakang S1 Pendidikan,  melainkan guru TK Lakshmi 7 hanya dari SMK,         Sedangkan Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Ceramah/penyuluhan, diskusi dan pelatihan..

Sebagai evaluasinya dipergunakan angket dan observasi  untuk menjajaki cara mengimplementasi mereka dilapangan setelah ada penyuluhan.

            Hasil dari pengabdian ini orang tua dan guru dapat memahami pentingnya Multiple Intelligence untuk mengembangkan bakat sdan minat anak. Sedangkan dari hasil penyebaran angket didapat hasil sebagai berikut  77,8% (21 Orang tua dan guru) dapat memahami Multiple Intelligence.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pengabdian Mengenal Multip\Intelligences untuk mengembang– kan  Bakat dan Minat Anakâ€pada orang tua peserta didik dan guru TK Lakshmi 7 Turisari Surakarta berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pelatihan yang diikuti oleh 27 orang , 24 orang (88,89%)  diantaranya sdh memahmi baik teori maupun prakteknya sedangkan yang 3 orang (11,11%) kurang menguasai dikarenakan tidak rutin hadir dalam pertemuan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi, Widodo Supriyono, 2004, Psikologi Belajar edisi revisi, Jakarta : PT Rineka Cipta

Cece Wijaya, 2007, Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber daya

Manusia, Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Ernawulan Syaodih, 2003, Bimbingan di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Departemen

Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Peningkatan

Pendidikan TenagaKependidikan

Muhibbin Syah, 2004, Psikologi Belajar, Jakarta :PT Raja Grafindo Persada

Mulyono Abdurrahman, 2003, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : PT

Rineka Cipta

Syaiful Bahri Djamarah, 2002, Psikologi Belajar, Jakarta : PT Andi Mahasatya

Downloads

Published

2019-12-27

How to Cite

kusumaningtyas, lydia ersta, & Koesdyantho, A. R. (2019). Tahap –Tahap Bimbingan Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 21–29. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3353

Issue

Section

Artikel