OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM MENDIDIK KARAKTER SISWA MELALUI MEDIA TEMBANG MACAPAT PANGKUR

Authors

  • Sarafuddin Sarafuddin
  • Winarto Winarto

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3193

Abstract

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran guru dalam mendidik karakter
peserta didik melalui media tembang macapat pangkur di SDN 02 Gaum Tasikmadu Karanganyar. Peran
guru di sekolah sangat berpengaruh pada kemajuan dan perkembangan karakter peserta didik untuk
mengenali dan mencintai seni dan budaya daerahnya. Selama ini kadang-kadang guru di sekolah hanya
sekedar melaksanakan kewajiban mengajar dengan tuntutan ketercapai ketuntasan materi pembelajaran.
Artinya bahwa guru di sekolah kurang maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran terutama media
berbasis seni untuk mendidik karakter peserta didik. Kondisi ini diperoleh berdasarkan hasil survey yang
awal yang dilakukan di SDN 02 Gaum Tasikmadu Karanganyar. Pengabdian ini dilakukan di SDN 02 Gaum
Tasikmadu Karanganyar. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: (1) metode pendekatan yang dilakukan
mulai tahap survei, dan perijinan, dan (2) metode pelaksanaan program, meliputi tahap pendahuluan, tahap
sosialisasi dan audiensi, tahap pelaksanaan dan kolaborasi, dan tahap evaluasi. Target luaran yang dihasilkan
adalah 9 guru dari 12 guru yang mengikuti pelatihan ini mampu menyusun materi pembelajaran seni berbasis
kearifan lokal. Luaran yang dihasilkan berupa materi pembelajaran seni tembang macapat pangkur serta
publikasi artikel pengabdian dalam jurnal ilmiah. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan dapat
memberikan penguatan pemahaman pada guru-guru tentang betapa pentingnya pendampingan dalam
menanamkan karakter peserta didik. Kondisi tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa apabila peserta didik
didekatkan dan diajarkan tentang kearifan lokal seperti tembang macapat pangkur, maka pada diri mereka
akan tumbuh karakter baik yaitu kecintaan terhadap seni dan budaya daerahnya.
Kata Kunci: Peran guru, pendidikan karakter, media tembang macapat pangkur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi & M. Arifin, 2012. Strategi &

Kebijakan Pembelajaran Pendidikan

Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Furqon Hidayatullah, 2010. Pendidikan

Karakter: Membangun Peradaban

Bangsa. Surakarta: PT. Yuma Perkasa.

http://www.longlifeducation.com/2011/12/temba

ng-macapat pangkur.htm?m=1

http://megayumalia.blogspot.co.id/2015/08/bah

asa-jawa-tembang-pangkurpangertene.

htmI?m=1

Jamal Ma’mur Asnani, 2012. Buku Panduan

Internalisasi: Pendidikan Karakter di

Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

LPPM UNISRI.2013. Panduan Penelitian dan

Pengabdian Pada Massyarakat.

Surakarta. Universitas Slamet Riyadi.

Masnur Muslich, 2011. Pendidikan Karakter:

Menjawab Tantangan Krisis

Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

M. Noor Rohinah, 2012. Mengembangkan

Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah

dan di Rumah. Yogyakarta: PT. Pustaka

Insan Madani.

Ida Zusnani, 2012. Manajemen Pendidikan

Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta:

Tugu Publisher.

Setiyoko Fajar. 2017, Kumpulan Tembang

Macapat Lengkap dengan Penjelasan

dan Contohnya.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-05

How to Cite

Sarafuddin, S., & Winarto, W. (2019). OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM MENDIDIK KARAKTER SISWA MELALUI MEDIA TEMBANG MACAPAT PANGKUR. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3193

Issue

Section

Artikel