PENINGKATAN NILAI TAMBAH PRODUK BARU DAN BARANG BEKAS
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3191Abstract
Meningkatkan suatu nilai jual memiliki proses yang panjang. Berbagai metodedapat digunakan. Pemilihan metode yang tepatlah yang dapat membuat sebuah produk baru
dan barang bekas menjadi lebih bernilai bahkan memiliki harga jual yang tinggi. Ini adalah
proses yang dapat meningkatkan nilai kegiatan pelatihan kewirausahaan menuju ke tingkat
perkembangan inovasi yang tinggi.
Berdasarkan analisis situasi, permasalahan yang dihadapi mitra adalah keinginan
yang kuat dari mitra dalam pelatihan untuk berwirausaha akan tetapi rendahnya dalam
pengetahuan untuk memberikan nilai tambah pada produk baru dan barang bekas rumah
tangga yang dapat dijual dengan harga yang bersaing. Pengabdian masyarakat telah
dilakukan dengan khalayak sasaran warga Gambirsari RW 03, Kelurahan Kadipiro,
Kecamatan Banjarsari, Surakarta, dengan memberikan pengetahuan berupa pelatihan
dalam bentuk meningkatkan produk barang baru dan barang bekas agar memiliki nilai jual
yang cukup tinggi dengan metode decoupage ini membuahkan hasil yang membuat mitra
ingin lebih mengembangkan pelatihan tersebut menjadi suatu usaha dalam menambah
pendapatan keluarga dan menyelesaikan masalah sampah anorganik keluarga.
Kata kunci : Nilai tambah, decoupage, kerajinan, kewirausahaan.
Downloads
References
……………….. 2007. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia, Departemen
Perdagangan Republik Indonesia. Lihat Jerusalem Florencia.
Aisyah Nurul Fitriana, Irwan Noor, Ainul Hayat, 2014, Pengembangan Industri Kreatif Di
Kota Batu (Studi tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Kota Batu) Jurnal
Administrasi Publik (JAP), Vol. 2 No. 2, Hal. 281-286.
Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo, 2009, Strategi Bisnis Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta
Bebassari, Sri, 2008, Integrated Municipal Solid Waste Management toward ZERO WASTE
Approach, Center for Assessment and Application of Environmental Technology,
Jakarta, diakses melalui http://www.pudsea.ugm.ac.id/ document/ bebassari.pdf, pada
hari kamis, 27 Agustus 2015.
Bertens, K., 2010, Pengantar Etika Bisnis, Penerbit Kanisius, Yogyakarta
Buchari Alma, 2014, Kewirausahaan, Penerbit Alfabeta, Bandung
Cipta Soekanto, S, 2002, Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Hendro, 2014, Dasar-dasar Kewirausahaan, Penerbit Erlangga, Jakarta
James Stoner, Freeman E., dan Gilbert J.R., 2014, Manajemen Bisnis. Edisi Indonesia
Gramedia, Jakarta.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, 2014, Ekonomi Kreatif : Kekuatan Baru
Indonesia Menuju 2025, Jakarta.
Marliani, Novi, 2014, Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai
Bentuk Implementasi Dari Pendidikan Lingkungan Hidup, Jurnal Formatif 4(2): 124-
Murniati, D.E, 2009, Peran Perguruan Tinggi Dalam Triple Helix Sebagai Upaya
Pengembangan Industri Kreati, Seminar Nasional Peran Pendidikan Kejuruan Dalam
Pengembangan Industri Kreatif, Jurusan PTBB FT UNY.
Nitisusatro, M., 2012, Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Alfabeta,
Bandung
Nitisusastro, M., 2015, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Penerbit Erlangga,
Jakarta.
Puspa Rini & Siti Czafrani, 2010, Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal
Oleh Pemuda Dalam Rangka Menjawab Tantangan Ekonomi Global, Jurnal UI Untuk
Bangsa Seri Sosial dan Humaniora Volume 1.
Rhenald Kasali, 2010, Wirausaha Mandiri, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Simatupang, T.M. 2008. Industri Kreatif Indonesia. Bandung: Sekolah Bisnis dan
Manajemen, Institut Teknologi Bandung.
Soekartawi, 2012, Faktor-faktor Produksi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
UNDP/UNCTAD, 2008, Creative Economy, Report 2008, Geneva-New York: UNDP,
UNCTAD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.