MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI PEMBENTUKAN BANK SAMPAH

Authors

  • Dewi Saptantinah P
  • Fadjar Harimurti

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3163

Abstract

Masalah sampah merupakan masalah yang sulit dicari solusinya., hal ini semakin bertambah apabila penduduk semakin padat. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diatasi dengan memanfaatkan barang yang tidak terpakai tersebut menjadi produk yang dapat dimanfaatkan. Hal ini dapat dilakukan atas partisipasi masyarakat sekitar. Dari hasil kreatifitas tersebut dapat diwadahi dalam bank sampah, yang dapat menampung dan memilah sampah, kemudian dijual atau dibuat kreatifitas berbagai asesoris dan hasilnya dapat untuk meningkatkan pendapatan. Dengan demikian perlu dibentuk adanya bank sampah. Hal ini juga dilakukan di perumahan Joho baru Sukoharjo, yang mayoritas penduduk sekitar adalah perumahan. Dengan dibentuknya bank sampah maka dapat mengelola kegiatan tersebut. Dalam kegiatan pengabdian ini tim kami berusaha untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan pentingnya dibentuk bank sampah. Dalam kegiatan pengabdian ini juga tim kami memfasilitasi adanya peralatan berupa timbangan serta buku harian dan buku besar untuk mencatat transaksi dari hasil penjualan.
Kata kunci : Peningkatan pendapatan, Bank Sampah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Octavia dkk. 2015. Pemberdayaan Masyarakat MelaluiOptimalisasi Program Bank SampahDenganBantuanTeknis dan ManajemenUsaha pada KSM Aneka Limbah dan KSM Maidanul Ula Kota Jambi. JurnalPengabdian Masyarakat, Vol 30 No.3. Hal 40-49.

http://www.alviescot.blogspot.com. 2015. PengolahanSampahOrganik

http://www.inginbisnis.com. 2015. DaurUlangSampahOrganikMenjadiPupukKompos

http://www.mazmuiz.blogspot.com. 2015 SampahOrganik Dan AnorganikManfaatBesertaContohnya.

Http://www.manfaat.co.id. 7 ManfaatLimbahAnorganikBagiKehidupan

http://www.kompas.com. 2016. SampahPotensiPenggerakRodaEkonomi

Justin, charlosdkk. 2005. Kewirausahaan. EdisiTerjemahan. Jakarta: PenerbitSalembaEmpat

Siska Maya dkk.2017. Pemberdayaan Masyarakat MelaluiPengelolaanSampahMenjadi Nilai Ekonomis dan Pembentukan Bank Sampah di KelurahanTanjung Barat. Proceeding of Community Development, Vol 1. Hal 157-161.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-04

How to Cite

Saptantinah P, D., & Harimurti, F. (2019). MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI PEMBENTUKAN BANK SAMPAH. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3163

Issue

Section

Artikel