Peningkatan Literasi Akademik melalui Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah di Pondok Pesantren Kharisma Haromain

Penulis

  • Eko Arief Sudaryono Universitas Sebelas Maret
  • Bambang Sutopo Universitas Sebelas Maret
  • Sulardi Sulardi Universitas Sebelas Maret
  • Lulus Kurniasih Universitas Sebelas Maret
  • Wahyu Widarjo Universitas Sebelas Maret
  • Arum Kusumaningdyah Adiati Universitas Sebelas Maret
  • Estetika Mutiaranisa Kurniawati Universitas Sebelas Maret
  • Nur Chayati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v9i2.12972

Abstrak

Pondok pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan meningkatkan kualitas pendidikan para santri. Di era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini, kemampuan menulis ilmiah menjadi salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan, baik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maupun dalam dunia kerja. Penulisan ilmiah tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sistematis. Di Pondok Pesantren Ma’had ‘Aly Kharisma Haromain, mahasantri masih menghadapi tantangan dalam bagaimana menyusun karya ilmiah. Keterbatasan modul terpadu yang mengintegrasikan metodologi penelitian, teknik penulisan, dan etika publikasi Islami menjadi kendala utama. Akibatnya, potensi mahasantri menghasilkan karya tulisan dalam bentuk opini, artikel, bahkan karya ilmiah belum dimaksimalkan, padahal kontribusi ilmiah pesantren sangat strategis untuk memperkaya khazanah keilmuan dan mendukung pembangunan masyarakat. Secara keseluruhan, program pendampingan literasi dan penulisan ilmiah ini telah memenuhi tujuan awal yaitu melaksanakan workshop dan pengenalan komprehensif, serta menerapkan monitoring dan evaluasi yang efektif. Dengan demikian, Pondok Pesantren Ma’had ‘Aly Tahfizhul Qur’an Kharisma Haromain berhasil menciptakan fondasi kuat bagi mahasantri dalam menulis karya ilmiah, membangun budaya riset, dan membuka peluang kolaborasi akademik di masa depan. Keberlanjutan program, didukung perbaikan sarana dan penyesuaian modul, akan memastikan manfaat yang lebih luas bagi lembaga dan masyarakat sekitarnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-10-20

Cara Mengutip

Sudaryono, E. A., Sutopo, B., Sulardi, S., Kurniasih, L., Widarjo, W., Adiati, A. K., … Chayati, N. (2025). Peningkatan Literasi Akademik melalui Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah di Pondok Pesantren Kharisma Haromain. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(2), 114–122. https://doi.org/10.33061/awpm.v9i2.12972