PROMOSI BATIK DANAR HADI DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU MEMBELI PADA ISTRI PEJABAT PEMERINTAH KOTADI KOTA SURAKARTA (Danar Hadi Batik Promotion to Affecting Behavior in Buying The Wife In City Municipal Surakarta Government)

Authors

  • Nurnawati Hindra Hastuti

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh  Advertizing,  Public relation, Sales promotion, Personal selling, Direct marketing dan Karakter segmen konsumen terhadap perilaku membeli pada istri pejabat pemerintah kota Surakarta.  Responden dalam penelitian ini adalah istri pejabat pemerintah kota yang juga sebagai anggota Dharma Wanita Persatuan Kota  yang suaminya eselon II , III  dan  IV yang berjumlah 766  dengan Taro Yamane didapat sampel 88 orang.   Metode penelitian survey dengan data kuantitatif   dengan analisis regresi ganda. Landasan dari teori Kotler tentang bauran promosi ( promotion mix ) yang besar pengaruhnya terhadap perilaku membeli , sehingga  ingin membuktikan apakah teori tersebut masih terbukti .Dari hasil penelitian  dapat diketahui bahwa hipotesis tentang Advertizing, Publik relation , Sales promotion, Personal selling, Direct marketing, Karakter segmen konsumen berpengaruh terhadap perilaku membeli pada istri pejabat pemerintah  kota  ternyata dari hasil analisa diketahui bahwa  Advertizing, Public relation, Sales promotion, Personal selling memang berpengaruh terhadap perilaku membeli pada istri pejabat pemerintah kota Surakarta. Sedang untuk Direct marketing dan Karakter segmen konsumen ternyata tidak berpengaruh terhadap perilaku membeli pada istri pejabat pemerintah kota Surakarta. Hal ini disebabkan   karena Direct marketing melalui internetnya belum  banyak yang menggunakan hanya orang-orang tertentu yang merasa penting cari informasi di internet sedang untuk karakter segmen dikarenakan banyak ibu-ibu yang menyukai batik dengan motif dan coraknya tetapi karena batik exklusif harga nya mahal maka tidak semua  responden dapat membeli.

Kata Kunci: Batik, Promosi, Perilaku masyarakat

Published

2013-11-20