SOSIALISASI LISTRIK PRA BAYAR DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT PELANGGAN (Pre-Paid Electricity Dissemination in Improving Customer Knowledge Society )

Authors

  • Dian Esti Nurati

Abstract

Abstrak

Sosialisasi Listrik Pra Bayar yang dilaksanakan oleh Humas PT PLN (Persero) APJ Surakarta yang didukung oleh PLN UPJ Surakarta Kota dan PLN UPJ Grogol, yang dilakukan di media cetak, dan secara interaktif pada media radio dan media televisi, serta pada forum- forum pertemuan yang diselenggarakan dengan menghadirkan para tokoh masyarakat, juga organisasi- organisasi kemasyarakatan, dan juga dilakukan pada acara- acara dan tempat-tempat yang strategis di kota Surakarta ini sehingga terbukti mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat. Melalui sosialisasi, masyarakat meningkat pengetahuannya dan kemudian mengikuti program dari PLN tersebut, masyarakat pelanggan paska bayar kemudian bermigrasi ke pelanggan prabayar. Indikasi yang muncul selain harga LPB setara dengan listrik paska bayar, juga dikarenakan Proses Bisnis LPB lebih singkat dan sederhana bila dibandingkan dengan proses Bisnis Listrik Paska bayar. Hasil yang diperoleh dengan adanya peraihan masyarakat pelanggan Listrik Pra Bayar yang semakin meningkat yaitu di wilayah PLN APJ Surakarta sampai pertengahan tahun ini sebesar 36.776 pelanggan, suatu jumlah yang melampaui jumlah yang telah ditargetkan, yaitu sebesar 20.000 pelanggan di tahun 2011 ini. Dengan demikian sosialisasi listrik prabayar ini berhasil dengan sangat baik dan memuaskan.

Kata Kunci: Sosialisasi, Perbaikan, dan Pengetahuan Masyarakat.

PlumX Metrics

Published

2013-11-20