PENGARUH DOSIS PUPUK UREA DAN PUPUK HAYATI BIOTAMAX TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN GARUT (Maranta arundinaceae L)

Penulis

  • Siswadi Dewi Ratna Nurhayati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk urea, pengaruh pupuk hayati biotamax, dan pengaruh interaksi terhadap pertumbuhan tanaman Garut. Rancangan baku yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor 1 adalah pupuk hayati custombio dengan 2 taraf dan faktor 2 adalah dosis pupuk urea dengan 5 taraf.
Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis ragam, dilanjutkan dengan uji beda nyata jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk urea berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun per tanaman, luas daun, dan berat umbi per rumpun; pemberian pupuk hayati biotamax berpengaruh terbaik terhadap jumlah daun per tanaman, luas daun, dan berat umbi per rumpun; dosis pupuk urea terbaik adalah 350 kg/ha; dan interaksi tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman garut
Kata Kunci : pupuk urea, biotamax, pertumbuhan, hasil, garut

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2015-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel