Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini sebagai Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Bercerita di Pos PAUD Permata Hati Kadipiro Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bentuk pembelajaran, (2) implementasi pembelajaran karakter dan (3) mengetahui apakah metode bercerita dapat meningkatkan karakter pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita dalam meningkatkan kedisiplinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan karakter khususnya kedisiplinan dapat ditanamkan pada anak usia dini melalui Aspek Spiritual, Aspek Personal/kepribadian, Aspek Sosial, dan Aspek lingkungan. (2) Dalam implementasinya dibutuhkannya keteladanan dan contoh kedisiplinan dari pendidik dan orang tua yang ditunjukkan pada anak usia dini,untuk membangun pendidikan karakter (3) Metode bercerita mampu membawa suasana kelas lebih alamiah, dan mampu menjadi media untuk memindahkan tatanan nilai karakter disiplin anak sehingga tumbuh dan meningkat. Anak-anak lebih mudah menerima nilai-nilai moral kedisiplinan dari sebuah cerita. Sehingga metode cerita berperan penting dalam sosialisasi nilai-nilai baru kepada anak-anak.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Metode Bercerita, Pendidikan Karakter