PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SPEAKING DENGAN MENGGUNAKAN PROJECT WORK
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran speaking dengan menggunakan tiga tahapan project work bagi mahasiswa semester III; (2) permasalahan yang dihadapi dosen pada matakuliah speaking; (3) solusi yang dilakukan dosen untuk mengurangi permasalahan pada matakuliah speaking; (4) pencapaian mahasiswa selama pelaksanaan project work. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Universitas Slamet Riyadi Surakarta tahun pelajaran 2013/ 2014. Hasil Penelitian menunjukkan empat temuan utama yang terdiri dari: (1) silabus dan RPP yang diterapkan pada pembelajaran speaking; (2) Kesulitan yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran speaking; (3) solusi yang diberikan dosen untuk mengatasi kesulitan mahasiswa dengan menerapkan tiga tahapan project work; dan (4) hasil pencapaian siswa selama pelaksanaan project work. Dari temuan selama penelitian, diketahui bahwa penerapan tiga tahapan project work memberikan kontribusi dalam kegiatan pembelajaran speaking bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Sebelum memasuki ruang kelas dosen diharapkan untuk mempersiapkan RPP dengan baik berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Mahasiswa diharapkan berbagi masalah yang mereka hadapi dengan dosen atau teman selama proses pembelajaran. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pijakan dalam memulai penelitian dan dapat menjadi salah satu sumber referensi.Kata Kunci: Pembelajaran speaking, Tiga Tahapan Project Work, Penelitian Deskriptif