PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN LUWES GROUP SURAKARTA)

Penulis

  • Erni Widajanti -

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh retailing mix terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk di Luwes Group Surakarta. Masalah yang muncul adalah 1) Apakah merchandise (nilai produk), harga, lokasi, suasana, layanan dan bauran promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk di Luwes Group Surakarta, 2) variabel mana diantara antara merchandise (nilai produk), harga, lokasi, suasana, layanan dan bauran promosi berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk di Luwes Group Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Luwes Group Surakarta. Sedangkan sampel sebanyak 50 orang yang diambil dengan metode purposive random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji regresi linear berganda menunjukkan variabel harga adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk di Luwes Group Surakarta, sehingga hipotesis 2 terbukti kebenarannya. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa produk, lokasi, suasana, layanan dan bauran promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk di Luwes Group Surakarta. Tetapi pada variabel harga menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk di Luwes Grup Surakarta. Dengan demikian hipotesis 1 yang menyatakan: "Ada pengaruh yang signifikan merchandise (produk), harga, lokasi, suasana, layanan dan bauran promosi secara parsial terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk di Luwes Grup Surakarta" tidak semua terbukti kebenarannya.
Kata kunci : merchandise (produk), harga, lokasi, suasana, layanan, bauran promosi dan pembelian keputusan

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2014-12-10

Terbitan

Bagian

Artikel