PENERAPAN DIVERSIFIKASI MODEL PERALATAN DAN PERHIASAN RUMAH TANGGA YANG TERBUAT DARI BAN BEKAS KENDARAAN BERMOTOR DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT EKONOMI LEMAH

Penulis

  • Priyono - -

Abstrak

INTISARI

Pemberian pelajaran secara teknis dan praktis kepada masyarakat ekonomi lemah tentang pemanfaatan ban bekas kendaraan bermotor untuk peralatan dan perhiasan rumah tangga merupakan salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan IPTEKS, di samping memanfaatkan limbah juga ikut menjaga kebersihan lingkungan.

Metode yang digunakan adalah tatap muka, pendidikan dan pelatihan (teknis pembuatan produk secara mandiri, teknis pemasaran dan pencarian peluang pasar). Barang yang dibuat meliputi profil binatang & peralatan rumah tanga seperti ayam, kuda, sapi, lemari, vas bunga dll.

Hasil yang diharapkan terciptanya usaha kecil baru dan terbentuknya took (tempat usaha kecil) walaupun modalnya secara patungan sebagai sarana pemasaran/penjualan hasil karyanya terutama dalam rangka menopang kehidupan ekonomi keluarganya.

 

Kata kunci : Diversifikasi usaha, Pemanfaatan ban bekas, Peralatan dan perhiasan rumah tangga, Pemberdayaan masyarakat ekonomi lemah.

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2013-12-03

Terbitan

Bagian

Artikel