KEBUTUHAN DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MESIN OTOMOTIF SMK TEKNOLOGI DAN REKAYASA

Penulis

  • Muhammad - Akhyar

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebutuhan dalam pengembangan kompetensi guru mesin otomotif SMK Teknologi dan Rekayasa. Subyek penelitian ini adalah guru- guru mesin otomotif di SMK Negeri 5 Surakarta, SMK Warga Surakarta, SMK Pancasila Surakarta, SMK Bhineka Karya Surakarta, dan SMK Murni Surakarta. Ukuran sampel sebesar 47 guru yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket. Angket disusun dalam bentuk skala semantik diferensial dengan 5 skala. Setiap butir pertanyaan menanyakan 2 hal yakni: (1) tentang kemampuan yang senyatanya dimiliki; (2) tentang kemampuan yang seharusnya dimiliki. Analisis data menggunakan uji t. Uji t bertujuan untuk mengetahui perbedaan rerata setiap kompetensi antara kondisi nyata dan kondisi ideal. Perbedaan rerata antara kedua kondisi tersebut menujukkan kebutuhan guru dalam pengembangan kompetensinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada 5 kompetensi yang dibutuhkan guru dalam pengembangannya yakni (a) kompetensi general (19,9%) ; (b) kompetensi engine (22,3%); (c) kompetensi power train (23,5%); (d) kompetensi chasis dan suspension (21,7 %); (e) kompetensi electric (27,2%). Kata kunci: kebutuhan, pengembangan kompetensi, SMK Teknologi dan Rekayasa NEEDS IN DEVELOPING COMPETENCE OF AUTOMOTIVE TEACHERS OF SMK TEKNOLOGI DAN REKAYASA ABSTRACTS
The research aims at finding needs in developing the competence of automotive teachers of SMK Teknologi dan Rekayasa. The subjects of the research are automotive teachers of SMK Negeri 5 Surakarta, SMK Warga Surakarta, SMK Pancasila Surakarta, SMK Bhineka Karya Surakarta, and SMK Murni Surakarta.The sample size is 47teachers that is determined by using random sampling technique. The data were obtained by using questionnaire. The questionnaire was in form of semantic differential with scale 5.Each item of questionnaire questioned 2 cases, namely (1) about the factual of teachers’ competence; (2) about the desire of teachers’ competence. The analysis of data used t test.T test aims at determining the differents between mean of the factual competence and the ideal competence of automotive teachers.The gaps between the two are the needs in developing teachers’ competence. The findings of this research are (1) there are 5 competence that are needed to develop teachers’ competence. The fifth competence are general competence (19,9%), engine competence (22,3%),
Volume XXV No. 2 Februari Tahun 2013 265
power train competence (23,5%), chasis and suspension competence (21,7%), and electrical competence (27,2%).
Keywords: Needs, competence, SMK Teknologi dan Rekayasa

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2013-08-01

Terbitan

Bagian

Artikel