KINERJA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISPENDUKCAPIL) BOYOLALI

Penulis

  • Suwardi - -
  • Joko - Pramono

Abstrak

ABSTRAK
Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah didekati dengan dua pendekatan service quality dan service performance. Dua pendekatan ini bila dipadukan menghasilkan penilaian yang berguna dalam usaha membangun pelayanan publik oleh pemerintah kearah yang lebih baik. Walaupun menggunakan pendekatan kinerja pelayanan berorientasi pada ketentuan peraturan perundang – undangan, hasil penelitian ini kontradiktif dengan capaian indikator kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Boyolali. Kata kunci: Pelayanan, penampilan, public ABSTRACTS Public services are organized by the government approached the two approaches service quality and service performance. Two approaches when combined produce a useful assessment in an effort to build public services by the government toward better. Although using performance-oriented approach to service provision regulations. The results of this study contrast with the achievements of the performance indicators deparment of population and civil registration Boyolali. Keyword: Service, performance, public
PENDAHULUAN Administrasi kependudukan menyangkut hajat hidup seluruh warga negara mulai lahir hingga menemui ajalnya. Ketika lahir undang – undang mewajibkan setiap warga negara memiliki akte kelahiran yang nantinya berguna untuk memenuhi berbagai persyaratan dan kewajiban dalam berbagai aktivitas seperti bersekolah, mengurus kartu tanda penduduk (KTP); bepergian keluar negeri; mencari pekerjaan; menikah dan sebagainya.
Begitu strategisnya urusan administrasi kependuduk, maka p

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2013-08-01

Terbitan

Bagian

Artikel