KARAKTERISTIK WARUNG DENGAN KARAKTERISTIK KONSUMEN KAITANNYA DENGAN KEPUTUSAN UNTUK MAKAN DI WARUNG HIK DI WILAYAH KARANGANYAR

Penulis

  • Untung Sriwidodo & Ernawati

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara karakteritik konsumen dengan karakteristik warung untuk memilih makan di warung Hik di  wilayah  Karanganyar. Karakteristik konsumen yang diteliti yaitu jenis kelamin, status perkawinan, dan pendapatan konsumen, sedangkan karakteristik warung Hik terdiri dari kelengkapan produk, harga, rasa, lokasi, kebersihan, dan pelayanan. Populasi penelitian adalah konsumen yang makan di warung Hik. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Analisis Chi Square dan Coefficient of Contingency. Hasil analisis: (1) tidak terdapat keterkaitan antara jenis kelamin dengan semua karakteristik warung (kelengkapan produk, harga, rasa, lokasi, kebersihan, dan pelayanan); (2) tidak terdapat keterkaitan antara status perkawinan dengan semua karakteristik warung (kelengkapan produk, harga, rasa, lokasi, kebersihan, dan pelayanan); (3) terdapat keterkaitan antara pendapatan dengan kelengkapan produk dan terdapat keterkaitan antara pendapatan dengan pelayanan. Pendapatan tidak memiliki keterkaitan dengan atribut harga, rasa, lokasi, dan kebersihan. Dengan demikian, hubungan antara karakteristik konsumen dengan karakteristik warung tidak semuanya menunjukkan adanya keterkaitan.

Kata kunci: karakteristik konsumen, karakteristik warung, keputusan memilih makan di warung HIK

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2012-09-19

Terbitan

Bagian

Artikel