UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN TEKNIK SIMULASI PADA MAHASISWA SEMESTER DUA KELAS 02 PBI FKIP UNISRITAHUN AJARAN 2010/ 2011 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Penulis

  • Sri Handayani & Dewi Cahyaningrum

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkankemampuan berbicara dengan teknik simulasi. Sebagai salah satu teknik pembelajaran, simulasi adalahbentukpembelajaranpengalaman yang dapat menjadikan proses belajar bahasa menjadi lebih kontekstual sehingga dapat membantu mahasiswa untuk mempraktekkan dan memahami penggunaaan bahasa tersebut seperti ketika bahasa itu dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam simulasi mahasiswa harus bekerja secara berkelompok dimana setiap masing siswa memainkan peran dan harus berkomunikasi dengan teman lainnya untuk menyelesaikan tantangn/ tugas yang diberikan.Dalam hal, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara yang meliputi aspek antara lain pronunciation, grammar, vocabulary, fluency, and communicative competence.Berkaitan dengan tujuan penelitian, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Temuan pada akhir penelitian ini adalah simulasi dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kualitas hasil pembelajaran/ kemampuan berbicara mahasiswa semester 2 kelas 02 PBI, FKIP UNISRI. Hasil analisa data secara kuantitatif juga mendukung temuan ini.

Kata kunci : penelitian tindakan kelas, speaking, simulation

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2012-09-19

Terbitan

Bagian

Artikel