PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA (Pengembangan Dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Mahasiswa Program Studi BK Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP UNISRI Tahun Akademik 2010/2011)

Penulis

  • Hera Heru Sri Suryanti

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi siswa dalam keterampilan akademis, keterampilan pribadi, keterampilan sosial melalui pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata kuliah Pendidikan Profesional. Dalam studi ini, subjek adalah mahasiswa Semester II Program Studi Bimbingan Konseling, FKIP UNISRI. Penelitian ini merupakan pengembangan dan peningkatan kualitas pembelajaran (PPKP).Khusus untuk pengembangan pembelajaran dan inovasi di LPTK, pelaksanaan sesuai dengan aturan pengembangan inovasi dan pembelajaran,mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi secara siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes kinerja. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu pemaparan secara rinci setiap tahap dalam setiap siklus. Kuantitatif untuk menghitung persentase kenaikan hasil prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian pengembangan telah dilakukan dengan mengembangkan model PBL berjalan secara optimal, sehingga siswa dapat berlatih memecahkan masalah dan berpendapat secara maksimal dan mampu memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan nyata secara terintegrasi dengan baik. Melalui penerapan model pembelajaran PBL dapat membantu siswa menguasai kompetensi dalam teori dan praktek mata kuliah profesi pendidikan dengan maksimal. Hal ini ditunjukkan oleh pencapaian keterampilan akademis, keterampilan pribadi dan keterampilan sosial.


Kata kunci : pembelajaran, keterampilan akademis, keterampilan pribadi, keterampilan sosial.

Unduhan

Diterbitkan

2012-09-19

Terbitan

Bagian

Artikel